Indomaret Vs Alfamart

mini market, siapa yang tak kenal dengan sistem usaha ini. sudah sejak 5 tahun lalu sistem usaha ini berkembang dengan sangat cepat. Rak-rak yang tersusun rapi, variasi produk yang sangat banyak, pembayaran yang praktis dengan sistem kasir, ruangan ber-AC, tidak pengap, harga yang sangat kompetitif adalah beberapa hal yang menggambarkan keberadaan mini market.

banyak sekali pemain besar dalam usaha mini market ini, diantaranya yomart, circle K, starmart, indomaret, alfamart, dan lain-lain.

nah saat ini saya akan membahas 2 mini market dengan pangsa pasar terbesar dan merupakan 2 mini market yang saling bersaing sangat ketat dalam menjadi yang terbaik di dalam pelanyanannya. siapa yang tak kenal indomaret dan alfamart, 2 peritel raksasa dengan konsep mini market yang saat ini menjadi perbincangan banyak orang. perkembangan usaha 2 peritel ini sangat cepat. hal ini dapat kita lihat pada data statistik dibawah ini.

data tersebut adalah data dari situs indomaret. sedangkan untuk alfamart, saat ini mereka memiliki sekitar 3000 gerai dengan presentasi 23% atau sebanyak 711 minimarket Alfamart dalam format waralaba.

persaingan 2 merek ini tidka hanya bersaing dalam hal jumlah gerai, namun juga lokasi gerai, dimana Saat satu waktu dibuka ritel indomaret baru, selang 1 atau 2 bulan dalam jarak yang tidak berjauhan, bahkan terkadang bersebrangan dan bersebelahan dibuka alfamart baru. Sama juga di saat ada dibuka alfamart baru tak akan lama indomaret pun berdiri tidak lama kemudian.

nah hal tersebut merupakan suatu fenomena yang menarik dikaji. namun saat ini saya akan lebih membahas mengenai perbandingan website yang dimiliki oleh ke 2 raksasa ritel tersebut.

pertama-tama saya akan membahas website yang dimiliki oleh indomaret.

indomaret

dari homepage website kita dapat melihat bahwa website ini cukup atraktif dimana terdapat banyak gambar yang menjelaskan program-program yang diadakan oleh pihak indomaret.  selain itu, terdapat juga flash image yang apabila di klik, maka kita akan terhubung dengan informasi-informasi yang disediakan oleh pihak indomaret, seperti pemenang undian, produk-produk promo, dll.

website ini juga memiliki tombol navigasi yang cukup lengkap dan beberapa tombol navigasi dilengkapi dengan gambar apabila kita menggerakan kursos ke arah tombol navigasi tersebut.

kekurangan yang ada diwebsite ini menurut saya adalah kita tidak dapat mengetahui secara langsung sublink yang tersedia pada tombol navigasi di halaman depan. hal tersebut sedikit menyulitkan pengunjung website apabila ingin langsung menuju ke link yang diinginkan.

website ini juga tidak mengelompokkan bagian untuk supplier atau pemasok pada satu tombol navigasi, melainkan di kelompokkan pada bagian relasi yang menurut saya kurang efektif.

pada website ini juga hanya menampilkan sedikit sekali produk-produk promosi yang ditawarkan sehingga kita sulit mengetahui produk-produk lain yang ikut dalam program promosi di indomaret.

nah, sekarang kita bahas website Alfamart

berikut tampilan depannya :

alfamart

untuk website alfamart disini lebih soft, dimana kita tidak banyak melihat gmabar flash namun menampilkan informasi-informasi yang di tuliskan dalam rangkuman singkat sehingga kita bisa langsung mengetahui secara singkat isi dari informasi yang disediakan.

tombol navigasi juga lebih lengkap dan sudah menampilkan tombol untuk supplier pada bagian paling kanan. sehingga mempermudah dalam menuju ke halaman supplier.

daftar produk-produk promosi juga lebih banyak dicantumkan sehingga kita dapat mengetahui lebih banyak mengenai produk-produk yang sedang dipromosikan.

kelemahan dalam website ini menurut saya adalah adanya ikon lebah yang terus bergerak mengikuti layar sehingga membuat pandangan kita menjadi kurang nyaman.


About these ads

5 responses to “Indomaret Vs Alfamart

  1. Indomaret Vs Alfamart, siapakah pemenangnya dan yang kalah?

    yang kalah adalah toko kelontong rumahan. bila kebanyakkan orang mengkhawatirkan supermarket hipermarket dan mall akan membunuh pasar tradisional, tapi jarang yang menyadari keberadaan indomaret dan minimarket2 lainnya telah mengerogoti pendapatan para pemilik toko2 kecil.

    hal ini karena target pasar indomaret langsung ke perumahan2. desa2. mereka menyerang langsuk ke medan konsumen toko kelontong.

    persaingan yang tidak imbang untuk memperebutkan hati konsumen, saya kira tidak perlu analisis mendalam, cukup ditebak tanpa berfikirpun akan tahu siapa pemenangnya.

    Expansi indomaret tak hanya berhenti membunuh para pemilik toko kelontong, tapi dia membunuh ratusan bahkan ribuan pelaku jaringan distribusi dan para agen akan terbunuh karena indomaret mengambil langsung barang dari pemasok besar (biasanya adalah pabrik langsung) atau perusahaan pemegang hak merek dagang suatu produk. Para pedagang pasar juga menerima akibat karena pedangan rumahan tidak “kulakan” dipasar.

  2. hal ini adalah dilema bagi industri ritel dinegara ini, disatu sisi ritel semacam indomaret dan alfamart juga menyumbangkan pendapatan dan lapangan kerja yang tidak sedikit. namun disisi lain membunuh toko-toko mandiri yang lebih kecil ukurannya.
    untuk itu, saat ini pemerintah sedang didesak untuk melakukan penertiban bagi minimarket yang terbukti mematikan usaha-usaha kecil.

    yah kita tunggu saja bagaimana keputusan pemerintah dalam menertibkan mini market ini.

    terima kasih atas tanggapannya.

  3. mantabb infonya…

  4. yaa…sya sangat senang sekali dengan adanya minimarket2 spt itu..
    mutunya terjamin..dekat dgn rumah ..harganya jg tdak jauh berbeda.
    klo di warung2 ato toko2 kecil terkadang mutunya jelek( expired)..
    harganya tidak pasti ato tdak jelas…

  5. ya saya sangat setuju dengan masalah ini karena dengan adanya minimarket sprti itu kita g usah jauh2 belanja bahkan kita belanja sewaktu2 g bisa kan sekarng sdh buka 24 jam non stoop……
    pelayanan yang sangat memuaskan,penempatan brang yg sngat rapi,mutu dan kwalitas brng yang terjamin,keberrsihan outlet nya yg sangat di jaga,dan yang sangat memuaskan adalah selalu ada promosi barang yang sangat menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s